PT Pelat Timah Nusantara Tbk (“Latinusa”), telah berhasil menyelesaikan proyek revamping pada 5 Desember 2011. Penyelesaian proyek ini membutuhkan 40 hari untuk proses konstruksi dan commissioning. Saat ini hasil dari proyek revamping tersebut kapasitas produksi meningkat dari 130.000 MT menjadi 160.000 MT per tahun, selain itu juga dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi. Ditambah dengan bantuan asistensi dan transfer ilmu yang diberikan oleh Jepang konsorsium proyek revamping ini berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan dengan kualitas hasil produksi yang memuaskan. 

Direktur Komersial Latinusa Suprapto Indroprayitno mengatakan “Tahun 2011 Latinusa menghadapi beberapa tekanan yang mengakibatkan penurunan penjualan dengan pangsa pasar hanya mencapai 47%. Disamping itu dengan berhentinya proses produksi selama kurang lebih 40 hari yang digunakan untuk proses konstruksi juga memberikan dampak terhadap penjualan Latinusa. Dari sisi eksternal dengan adanya krisis financial yang melanda Eropa dan Amerika yang hingga kini belum dapat diprediksi perubahan menuju kearah yang lebih baik, memberikan dampak pada pasar domestik dengan membanjirnya tinplate import yang datang dari China, Korea dan Taiwan dengan harga yang sangat kompetitif sehingga menyulitkan Latinusa dalam memasarkan tinplate dipasar domestik. Negara-negara produsen tinplate tersebut mengalami kelebihan persediaan akibat berkurangnya permintaan di negara-negara Eropa dan Amerika. Pengaruh lainnya adalah dengan adanya bea masuk 0% dari BKPM dalam rangka ekspor dan investasi menyebabkan tinplate import dengan sangat mudah masuk kedalam pasar domestik. 

Menghadapi kondisi ini Latinusa kini telah memiliki bekal dengan hasil proyek revamping, Latinusa mampu memenuhi kebutuhan pasar pada segmen tinplate yang membutuhkan kualitas tertinggi untuk kebutuhan bahan kemasan dari makanan yang memiliki tingkat keasaman tinggi. “Latinusa dalam menjaga kualitas tinplatenya tetap tidak lepas dari bantuan asistensi dari Nippon Steel Corporation sebagai Pemegang saham mayoritas disamping memberikan jaminan ketersediaan bahan baku TMBP yang berkualitas tinggi serta transfer teknologi” kata Ardhiman, Direktur Utama Latinusa.

“Memasuki tahun 2012, kami berniat untuk memperluas pangsa pasar domestik dan melanjutkan fokus pada sektor makanan,” imbuh Suprapto, Direktur Komersial Latinusa. ”Penetrasi pasar sedang kami lakukan, sehingga kebutuhan pasar domestik dapat terpenuhi dan target pangsa pasar Latinusa ditahun 2012 dapat diraih lebih dari 50%”.





Share this news on: